Main Menu
Belanja

Daftar Harga Kerajinan dari Kain Flanel Bulan September 2021 Terbaru

Tekstur kainnya yang lembut dan mudah diatur membuat kain flanet menjadi idola untuk kerajinan tangan. Berikut beberapa informasi mengenai kain flanel sebelum kamu membuat kerajinan tangan dari kain flanel.

Tekstur kainnya yang lembut dan mudah diatur membuat kain flanet menjadi idola untuk kerajinan tangan. Berikut beberapa informasi mengenai kain flanel sebelum kamu membuat kerajinan tangan dari kain flanel.
image-product-headline-4030

Harga Terbaik dari

Rp 34.000

Beli Sekarang
Bandingkan harga Kategori Lainnya Kerajinan dari Kain Flanel

    Mengenal Kain Flanel

    Kain flanel atau felt flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol yang diproses tanpa ditenun, tapi dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau dan juga ketebalan kainnya bervariasi.

    Konon kabarnya, kain ini merupakan salah satu jenis kain tertua lho. Hal ini diperkuat dengan temuan bekas penggunaan kain flanet di negara Turki yang diperkirakan berasal dari 6500 SM. Selain itu ada juga penemuan kain flanel yang diawetkan di sebuah makan di Siberia yang diduga berasal dari tahun 600 M.

    Ciri-ciri Kain Flanel

    Kain flanel memiliki beberapa ciri khas yang hanya ditemukan pada kain flanel. Apa saja? Yang pertama adalah kain flanel tersedia dalam beberapa level ketebalan, mulai dari 2mm hingga 5mm. Setelah itu kain flanet berserat seperti kapas, pinggirannya tidak mudah amburadul, sedikit kaku, sangat mudah dibentuk dan digunting sesuai keinginan, dan terakhir ketika menjahit kain flanet pinggirannya tidak perlu dilipat karena bekas guntingan kain flanel biasanya sudah rapi.

    Kelebihan Kain Flanel

    Karena karakteristiknya yang berbeda dengan bahan kain lain, kain flanel memiliki kelebihan tersendiri yang bisa kamu pakai untuk kerajinan tangan kain flanel.

    Kelebihan kain flanel adalah mudah sekali dibentuk sehingga cocok untuk kerajinan dari kain flanel. Selain itu, kain flanel memiliki harga yan relatif terjangkau dan banyak sekali modelnya serta mudah didapatkan.

    Kekurangan Kain Flanel

    Untuk kelemahannya, kain ini tidak bisa dipakai untuk membuat pakaian karena bahannya yang kaku dan tebal. Selain itu, serat kain flanel yang terbuat seperti wool ini juga mudah kotor.

    Selain itu, kelemahan kain flanel yang mungkin akan terasa saat membuat kerajinan dari kain flanel adalah tidak banyaknya pilihan kain flanel yang memiliki motif.

    Pemanfaatan Kain Flanel

    Kain flanel telah dimanfaatkan manusia sudah sejak lama sekali. Dan dewasa ini, kain flanel pun dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Karena itu tak jarang banyak orang yang menjual kerajinan tangan dari kain flanel di pasaran. Karena banyaknya manfaat itu, kerajinan dari kain flanel pun kini menghiasi banyak produk-produk kreatif di marketplace Indonesia. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan produk kerajinan dari kain flanel tersebut.

    Kain Flanel untuk Souvenir

    Kerajinan dari kain flanel yang pertama yang banyak dijumpai adalah kerajinan untuk membuat replika makanan. Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sebuah souvenir membuat industri kreatif pun berkembang. Salah satu souvenir yang bisa kamu dapatkan dari kerajinan kain flanel ini adalah untuk membuat replika makanan. Di lapak online, ada yang menjual replika makanan dari kain flanel ini seharga Rp98 ribu untuk satu set yang berisi 13 jenis replika makanan.

    Kain Flanel untuk Aksesoris Wanita

    Mungkin kamu sedang mencari aksesoris wanita yang lain dari biasanya? Coba deh mencari aksesoris wanita dari kerajinan kain flanel. Kerajinan dari kain flanel ini juga bisa dipakai untuk membuat beberapa jenis aksesoris wanita lho, seperti jepit rambut, bros, hingga kalung. Untuk sebuah jepit rambut flanel berbentuk bunga berdiameter 7cm, harga yang ditawarkan sekitar Rp15 ribu saja.