Main Menu
Belanja

Daftar Harga Alat Komunikasi Tradisional Bulan Mei 2021 Terbaru

Sebelum adanya alat komunikasi modern, manusia sudah memiliki alat komunikasi tradisional yang digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Apa saja?

Sebelum adanya alat komunikasi modern, manusia sudah memiliki alat komunikasi tradisional yang digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Apa saja?
image-product-headline-4850

Harga Terbaik dari

Rp 18.000

Beli Sekarang
Bandingkan harga Kategori Lainnya Alat Komunikasi Tradisional
  • Benson Ollie
    Rp 25.000

    0

  • Benson Ollie
    Rp 85.000

    0

  • Benson Ollie
    Rp 50.000

    0

  • Lihat Penawaran Lainnya

  • Benson Ollie
    Rp 50.000

    0

  • Benson Ollie
    Rp 35.000

    0

  • samudra50
    Rp 60.000

    0

  • Wayang
    Rp 60.000

    0

  • Damara Shop
    Rp 78.000

    0

Pengertian Alat Komunikasi Tradisional

Alat komunikasi adalah sarana untuk memudahkan manusia dalam bertukar informasi. Sebelum munculnya alat komunikasi modern, manusia sudah memiliki alat komunikasi tradisional untuk kebutuhan sehari-harinya. Tak kalah canggih dari alat komunikasi modern lho. Berikut alat komunikasi tradisional yang harus kamu tau.

Kentongan

Alat komunikasi tradisional ini digunakan masyarakat lokal untuk menyampaikan kabar penting atau peristiwa yang terjadi. Ada kode-kode khusus berapa kali kentongan harus dipukul untuk menandakan sesuatu. Alat komunikasi tradisional ini masih dipakai di beberapa daerah untuk fungsi yang sama.

Lonceng

Sama seperti kentongan, lonceng merupakan alat komunikasi tradisional yang menggunakan kekuatan suara. Biasanya lonceng digunakan di sekolah untuk menandai jam istirahat atau pulang sekolah. Alat komunikasi tradisional ini juga digunakan di tempat-tempat ibadah untuk menyampaikan informasi tertentu.

Telegraf

Telegraf adalah alat komunikasi tradisional yang menggunakan peralatan listrik untuk menerima dan mengirim sinyal. Di dalam telegraf terdapat tembaga khusus yang bisa mengirimkan sinyal jarak jauh.

Telepon Kaleng

Telepon kaleng adalah alat komunikasi tradisional yang sering dibuat bahan praktek pada sekolah karena pembuatannya yang mudah. Sering juga dimainkan oleh anak-anak kecil antar kamar. Alat komunikasi tradisional ini terbuat dari dua buah kaleng yang dihubungkan dengan benang.

Asap

Yap, kamu tidak salah baca. Asap memang merupakan alat komunikasi tradisional yang sudah digunakan sejak zaman dulu kala. Saat ini kamu pun masih bisa menggunakan alat komunikasi tradisional ini. Misalkan saja kamu tersesat di hutan, gunakan kepulan asap untuk menandakan bahwa kamu berada di lokasi tersebut.

Surat

Yang terakhir ini tentu saja kita masih pernah menggunakannya hingga kini. Pada dulu kala, surat digunakan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan kabar dan informasi. Kini surat menyurat sudah semakin ditinggalkan dengan semakin berkembangnya teknologi.