Main Menu
Belanja

Daftar Harga Pohon Kapulaga Bulan November 2020 Terbaru

Pernah dengan nama Pohon Kapulaga nggak guys? Pohon ini menghasilkan buah bernama Kapulaga yang sering dijadikan rempah atau campuran jamu.

Pernah dengan nama Pohon Kapulaga nggak guys? Pohon ini menghasilkan buah bernama Kapulaga yang sering dijadikan rempah atau campuran jamu.
image-product-headline-8435

Harga Terbaik dari

Bandingkan harga Kategori Lainnya Pohon Kapulaga
  • Usaman Sidiq
    Rp 2.000

    5

  • Cahaya Bibit Herbal
    Rp 2.500

    0

  • adelardanawasim
    Rp 38.000

    5

  • Lihat Penawaran Lainnya

  • Cahaya Bibit Herbal
    Rp 25.000

    0

  • zahra store
    Rp 2.100

    0

  • zahra store
    Rp 2.500

    0

  • zahra store
    Rp 2.100

    0

  • Cuddle_shop
    Rp 2.100

    0

  • Lestary_herbalstore
    Rp 2.100

    0

  • Zeronine
    Rp 39.000

    0

  • Ciara olsop
    Rp 2.100

    0

  • Laris Terus Store
    Rp 30.000

    0

Pohon Kapulaga

Pohon Kapulaga menghasilkan buah yang sejenis rempah dari hasil biki beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingibereaceae atau keluarga Jahe-jaehan. Kedua genera ini banyak adalah tanaman asli dari daerah Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Pakistan dan Nepal. Biji Kapulaga dikenal dengan biji polongnya yang kecil dengan kulit luar tipis dan biji hitam berukuran kecil.

Varian Pohon Kapulaga

Ada dua varian Pohon Kapulaga yang biasanya banyak di temui di Indonesia nih! Pertama ada Kapulaga Jawa (Amomun Compactum) dan Kapalaga Seberang atau Kapulaga India (Elettaria cardamomum). Kapulaga India ini dikenalkan Guatemala, perusaah perkebunan kopi yang berasal dari Jerman setelah perang dunia kedua. Sedangkan Pohon Kapulaga Jawa adalah jenis yang umum di Indonesia. Kapulaga juga punya nama-nama lokal sesuai daerah masing-masing di Indonesia. Orang Jawa menyebutnya Kapulogo, Sunda menamai Kapol, masyarakat Bali menyebut Karkolaka dan sebagainya.

Manfaat Pohon Kapulaga

Kapulaga adalah sejenis rempah yang bisa menambah rasa serta aroma pada masakan. Umumnya sih kapulaga digunakan untuk masakan yang dikonsumsi orang Asia, terumata wilayah India dan sekitarnya. Tapi Kapulaga juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh! Mulai dari mengatasi diare, kejang usus, IBS, keluhan hati dan kantong empedu, kehilangan selera makan, kedinginan, bronkitis, batuk, sakit mulut dan tenggorokan, penyakit infeksi, stimulan untuk masalah kencing hingga sembelit.

Zat Penting Kapulaga

Kapulaga dipercaya ampuh mencegah sekaligus mengatasi penyakit infeksi. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki zat yang berperan penting dalam menangani itu. Terdapat zat antimikroba di dalam Kapulaga yang bisa melawan bakteri tertentu dan juga jamur. Selain itu, Kapulaga juga mengandung banyak serat. Satu sendok Kapulaga saja, sudah ada 2 gram serat loh! Makanya Kapulaga bisa atasi sembelit dan membuat saluran pencernaan jadi lancar.

Bentuk Kapulaga Sebagai Obat Herbal

Kapulaga diolah menjadi beberapa bentuk sebagai tanaman herbal. Ada yang diolah dalam bentuk cairan maupun bubuk. Ada juga yang dijual dengan bentuk biji yang sudah kering namun tetap utuh. Selain itu, kapulaga juga diolah menjadi teh untuk dikonsumsi.

Efek Samping Kapulaga

Meskipun Kapulaga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tapi kamu juga perlu memperhatikan dosis dan efek sampingnya ya. Sebenarnya, dosis penggunaan kapulaga sendiri sesuai usia, kondisi kesehatan dan lain sebagainya. Kamu perlu mendiskusikan dengan ahli herbal atau dokter terlebih dulu. Adapun beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan jika mengonsumsi suplemen herba kapulaga, yaitu kolik batu empedu dan dematitis kontak. Namun efek samping ini jarang terjadi dan nggak semua orang mengalaminya.

Bibit Pohon Kapulaga

Nah, buat kamu yang mau punya pohon Kapulaga dan menanamnya sendiri di rumah, bisa loh dengan membeli bibit Pohon Kapulaga pilihan di toko online. Tersedia bibit pohon Kapulaga Jawa dengan batang merah seharga Rp 2.500. Tinggi bibat sekitar Rp 120 cm.