Main Menu
Belanja

Daftar Harga Hiasan Dinding Kruistik Bulan November 2020 Terbaru

Hiasan dinding kruistik adalah pilihan tak lekang waktu untuk dekorasi di rumah anda. Bingung memilih motif dan detailnya? Intip beberapa pilihan berikut ini.

Hiasan dinding kruistik adalah pilihan tak lekang waktu untuk dekorasi di rumah anda. Bingung memilih motif dan detailnya? Intip beberapa pilihan berikut ini.
image-product-headline-6373

Harga Terbaik dari

Rp 25.000

Beli Sekarang
Bandingkan harga Kategori Lainnya Hiasan Dinding Kruistik
  • Cindy
    Rp 2.000.000

    0

1. Apa itu kruistik?

Bagi yang belum familier dengan istilah Kruistik, kata ini berasal dari bahasa Belanda, kruissteek. Arti kata tersebut adalah tusuk silang. Jadi bisa diartikan kruistik adalah salah satu jenis sulaman yang memakai jahitan benang yang bersilangan. Bisa diamati bahwa jahitannya berbentuk huruf x. Jenis sulaman seperti ini banyak dipakai pada motif pakaian, perabot rumah tangga, atau hiasan dinding. Desain gambar kruistik dapat dicontoh dari keseharian atau desain bebas.

2. Sejarah Kruistik

Kesan klasik yang muncul dari kerajinan kruistik tak lain karena karena Kruistik adalah bentuk sulaman tertua dari Eropa dan Asia. Dalam sejarahnya, teknik Kruistik dipakai untuk menghias pakaian. Tak jarang kerajinan Kruistik yang berusia tua dipamerkan di berbagai museum etnologi di seluruh dunia. Hasil kerajinan kruistik tertua yang diketahui orang di Amerika Serikat adalah sulaman kruistik asal tahun 1653 yang disimpan di Pilgrim Hall, Plymouth, Massachusetts. Sulaman tersebut adalah hasil karya Loara Standish.

3. Bahan Membuat Kruistik

Bahan utama dalam membuat kerajinan kruistik adalah kain dan benang khusus. Kain untuk kruistik adalah kain yang memiliki kotak-kotak (lubang-lubang) dalam ukuran yang sama, horizontal maupun vertikal. Oleh karena itu, hasil jahitan terlihat seperti pola-pola persegi dengan ukuran yang sama.

Benang yang dipakai adalah benang sulam dari katun atau rayon. Jarum untuk kruistik adalah jarum tapestri berujung tumpul dengan mata jarum ukuran besar agar bisa dilewati beberapa helai benang sekaligus

4. Jenis Motif Kruistik

Ada beragam motif yang bisa diterapkan dalam kerajinan kruistik. Motif geometri adalah salah satunya. Motif ini sangat populer di kalangan Eropa Timur dan Eropa Tengah. Sementara untuk kerajinan kristik modern, motifnya pun makin beragam, pemandangan alam, tumbuhan dan bunga, binatang, hingga tokoh-tokoh ternama. Motif yang kerap dipakai dan populer adalah bunga dan pemandangan.

5. Hiasan Dinding Elegan

Kerajinan Kruistik yang sudah jadi bisa dikemas menjadi hiasan dinding yang apik. Lembar kain yang telah jadi kemudian dipigura sesuai ukurang dan dipajang di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai hiasan. Jika kalian perhatikan tak jarang kerajinan kruistik yang dijadikan hiasan dinding menampilkan kata-kata mutiara atau ayat-ayat.

Bentuk hiasan dinding memang yang paling lazim dipilih oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya karena tradisi turun temurun dari kakek nenek yang kemudian diwariskan kepada anak cucunya. Apakah anda juga demikian?

6. Taplak Kruistik

Bentuk kerajinan kruistik lainnya berupa taplak. Tak jarang ketika kita bertamu, meja ruang tamunya dihiasi dengan taplak kain dengan motif kruistik sebagai hiasannya. Motifnya pun beragam, tapi yang paling sering ditemui adalah motif bunga atau binatang. Bagi pengrajin kruistik pemula, patut mencoba menerapkan teknik kruistik mereka pada taplak.

7. Berapa Harga Kruistik?

Siapkan kocek anda karena harga kerajinan kruistik tergolong tidak murah. Wajar saja mengingat proses pembuatannya yang kompleks dan butuh waktu lama. Semakin detail sebuah gambar kruistik, maka bisa dipastikan semakin mahal pula harganya. Rentang harga kerajinan kruistik berkisar seratus ribu sampai ratusan ribu. Masih bisa diupayakan bukan? Yuk intip ke pelapak-pelapak terdekat untuk cari hiasan dinding kruistik yang pas sesuai selera anda.